Pada Rabu, 15 Mei 2024, Program Studi Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret akan mengadakan ujian tesis untuk Tunjung Nala Puti (S102008011) di ruang G205 Pascasarjana. Tesis yang berjudul “Perbedaan Pengaruh Penerapan Project Based Learning dan Discovery Learning dipadukan Media Virtual Terhadap Keterampilan Berpikir Analisis Pada Klasifikasi Animalia” ini mengkaji efektivitas dua metode pembelajaran modern dalam meningkatkan keterampilan analitis siswa. Ujian ini akan dipimpin oleh tim penguji yang terdiri dari Dr. Bowo Sugiharto S.Pd., M.Pd., Dr. Meti Indrowati S.Si., M.Si., Dr. Puguh Karyanto S.Si., M.Si., Ph.D., dan Dr. Umi Fatmawati S.Pd., M.Si.
Penelitian yang dilakukan oleh Tunjung Nala Puti menggunakan metode campuran dengan desain exploratory sequential. Pada tahap awal, dilakukan analisis data kualitatif untuk menentukan permasalahan penelitian, sampel, dan cara pengumpulan data kuantitatif. Kemudian, dikembangkan instrumen pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dan Discovery Learning secara virtual. Desain penelitian ini menggunakan quasi-experiment dengan nonrandomized control group, pretest-posttest design, di mana satu kelas menggunakan media virtual berbasis PjBL dan kelas lainnya menggunakan media virtual berbasis Discovery Learning.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua media virtual ini berbeda dalam proyek yang dihasilkan dan keduanya layak digunakan dalam pembelajaran klasifikasi animalia. Pengujian kelayakan menunjukkan bahwa media virtual berbasis Project Based Learning dan Discovery Learning pada materi klasifikasi animalia dapat diterapkan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Namun, efektivitas keterampilan berpikir analitis siswa lebih tinggi pada kelompok yang menggunakan media virtual berbasis Project Based Learning dibandingkan dengan yang menggunakan Discovery Learning. Hal ini dibuktikan melalui uji lanjut ANCOVA yang dilakukan dalam penelitian ini, yang menunjukkan bahwa PjBL memberikan hasil yang lebih signifikan dalam meningkatkan keterampilan analitis siswa.
Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam bidang pendidikan biologi, terutama dalam mengimplementasikan metode pembelajaran yang sesuai dengan era revolusi industri 4.0. Dengan hasil yang menunjukkan efektivitas yang lebih tinggi dari Project Based Learning, diharapkan metode ini dapat diterapkan lebih luas dalam kurikulum pendidikan biologi untuk meningkatkan keterampilan analitis siswa. Keberhasilan ini diharapkan dapat menginspirasi pendidik lainnya untuk mengadopsi pendekatan serupa demi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.









