Nuriel Hudawati Kembangkan E-Modul PjBL-STEM untuk Tingkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Surakarta, 30 Januari 2025 – Program Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar ujian seminar hasil penelitian secara daring melalui platform Zoom. Seminar ini menjadi salah satu tahap penting bagi mahasiswa sebelum menuju publikasi dan penyelesaian studi.

Dalam kesempatan ini, Nuriel Hudawati, mahasiswa Magister Pendidikan Biologi FKIP UNS, mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Pengembangan E-Modul Berbasis PjBL-STEM pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul inovatif yang mengintegrasikan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) dan STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Tim Penguji dan Jalannya Ujian

Seminar hasil ini diuji oleh tim akademisi yang terdiri dari:

  1. Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd. (Ketua Penguji)
  2. Dr. Harlita, S.Si., M.Si.
  3. Dr. Baskoro Adi Prayitno, S.Pd., M.Pd. (Pembimbing I)
  4. Dr. Meti Indrowati, S.Si., M.Si. (Pembimbing II)

Ujian yang dimulai pukul 09.00 WIB berlangsung dengan sesi pemaparan dan tanya jawab yang mendalam. Para penguji memberikan berbagai masukan terkait pengembangan e-modul, analisis keefektifan, serta implikasi hasil penelitian dalam dunia pendidikan.

Kontribusi Penelitian dan Publikasi

Penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan e-modul berbasis PjBL-STEM dalam pembelajaran abad ke-21. Hasil pengujian menunjukkan bahwa e-modul ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran yang diterapkan mengadaptasi lima sintaks utama: Reflection, Research, Discovery, Application, dan Communication.

Sebagai bentuk kontribusi akademik, hasil penelitian ini juga diarahkan untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiah bereputasi. Publikasi ini diharapkan dapat memperkaya referensi bagi para pendidik dan peneliti dalam bidang inovasi pembelajaran sains.

Penutup

Ujian seminar hasil ini merupakan salah satu tahapan penting dalam penyelesaian studi di Program Magister Pendidikan Biologi FKIP UNS. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan inovasi dalam pengembangan media pembelajaran semakin berkembang dan berkontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.