RG Biology Education FKIP UNS dan Pakar Jepang Kiyoyuki Oshika Tingkatkan Kompetensi Guru Biologi Melalui Workshop Pembelajaran Mendalam

Surakarta, 11 Juli 2025 — Program Studi S2 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS), melalui Grup Riset Biology Education, menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertajuk “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Mendalam untuk Guru MGMP Biologi Kota Surakarta”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu pada 2 Juli 2025 di SMAN 6 Surakarta dan dilanjutkan pada 9–10 Juli 2025 di Gedung D FKIP UNS.

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru Biologi dari MGMP Kota Surakarta dan menghadirkan narasumber utama dari Jepang, Prof. Kiyoyuki Oshika, pakar pembelajaran Biologi yang memiliki pengalaman luas dalam pengembangan pendidikan berbasis pemahaman konseptual dan praktik reflektif. Kehadiran beliau menjadi bagian dari penguatan jejaring internasional Prodi S2 Pendidikan Biologi FKIP UNS dalam mendukung peningkatan kapasitas pendidik di Indonesia.

Workshop ini dirancang untuk memperkenalkan dan menguatkan implementasi pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) yang selaras dengan semangat Kurikulum Merdeka. Melalui sesi pelatihan, diskusi, dan praktik penyusunan perangkat ajar, peserta dibimbing oleh tim dosen dan peneliti dari RG Biology Education dalam memahami prinsip-prinsip kunci Pembelajaran Mendalam, seperti eksplorasi ide besar, koneksi antarkonsep, dan penerapan konteks dunia nyata ke dalam pembelajaran Biologi.

Kegiatan ini juga menjadi wadah kolaboratif antara akademisi, guru, dan peneliti pendidikan dalam menggali tantangan nyata pembelajaran Biologi di sekolah serta merumuskan solusi berbasis pendekatan pedagogik yang inovatif. Seluruh peserta menunjukkan antusiasme tinggi dan komitmen dalam mengembangkan perangkat ajar yang mendukung keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konseptual peserta didik.

Melalui kegiatan ini, Prodi S2 Pendidikan Biologi FKIP UNS berharap kontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah mitra dapat terus berlanjut. Kegiatan ini sekaligus mempertegas peran strategis program studi dalam memperkuat kolaborasi dengan MGMP, lembaga pendidikan nasional, serta mitra internasional dalam upaya pengembangan pendidikan Biologi yang transformatif dan relevan dengan tantangan abad ke-21.