Pada tanggal 21 Februari 2025, dilaksanakan seminar proposal penelitian yang disampaikan oleh Latifah Radha Istiyova, mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis Learning Progression yang didukung oleh Game Glucolifes guna meningkatkan System Thinking Skills pada peserta didik.
Dalam seminar ini, dipaparkan beberapa poin utama terkait penelitian, yaitu:
- Latar Belakang
Penyakit, termasuk diabetes, menjadi materi yang telah diajarkan sejak sekolah dasar hingga menengah. Namun, peningkatan kasus diabetes di Indonesia, terutama pada anak-anak, menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap kesehatan. - Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang, beberapa masalah yang diidentifikasi meliputi tingginya kasus diabetes di Indonesia, kurang optimalnya System Thinking Skills peserta didik, serta kurangnya variasi dalam media pembelajaran yang digunakan guru. - Pembatasan Masalah
Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro Surakarta pada tahun ajaran 2024/2025, dengan materi pembelajaran yang berkaitan dengan penyakit sistem pencernaan dalam capaian pembelajaran IPA Fase D. Selain itu, media pembelajaran berupa board game akan digunakan dalam pengujian efektivitas modul ajar.
Melalui seminar ini, diharapkan penelitian yang dilakukan dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, terutama dalam inovasi metode pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis pengembangan keterampilan berpikir sistematis.